Pentingnya SHOLAT


PENTINGNYA SHOLAT
Sholat adalah ibadah yang di wajibkan dan telah di tentukan waktu pelaksanaannya oleh Allah Swt. Sholat tidak sebatas hanya ibadah ritual rutin saja tapi sesungguhnya ibadah sholat tentu pasti mengandung manfaat bagi jiwa juga mendatangkan keberkahan dalam kehidupan ,bagi seorang mu’min baik atau tidaknya dalam pelaksanaan juga penjiwaannya selaras dengan manfaat dan hikmah yang Allah berikan kepadanya, sholat membawa pengaruh dalam kehidupan seseorang di dunia ,karna itu jangan sampai ibadah sholat itu di sia siakan bahkan tidak kerjakan dengan ikhlas karna Allah .Swt
Dari Abu Hurairoh Ra. : Saya pernah mendengar Rosululloh Saw, Beliau bersabda : Sesungguhnya amal ibadah yang paling pertama akan dihisab dari seorang hamba adalah sholatnya, apabila sholatnya baik maka baik pula amaliah lainnya dan apabila sholatnya buruk maka buruk pula amaliah lainnya.
Kaitannya dengan membentuk kepribadian seorang muslim, sholat memiliki peran dan fungsi yang amat berpengaruh. Jika seseorang telah mendirikan sholat dengan semestinya yaitu terpenuhinya syarat, rukun seta khusu’dan ikhlas (sholat yang bekualitas) maka bisa dipastikan dia akan menjadi seorang pribadi muslim yang baik.
Sebab telah difirmankan oleh Alloh SWT. dalam Al-Qur’an surat Al-‘Ankabut : 45
ٱتۡلُ مَآ أُوحِيَ إِلَيۡكَ مِنَ ٱلۡكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۗ وَلَذِكۡرُ ٱللَّهِ أَكۡبَرُۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُونَ ٤٥
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Dengan demikian dapat kita pahami, barang siapa yang mendirikan sholat dengan baik maka dia akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar (dosa). Dia akan memiliki kepribadian yang baik, terpuji dan akhlaq yang mulia karena dia menyadari bahwa semua yang diperintahkan Alloh SWT. akan mendatangkan kebaikan dan keselamatan. Terlebih dalam sholat itu terkandung berbagai hikmah yang bernilai amat tinggi yang tidak dapat diukur dengan materi duniawi, yaitu pahala dari Alloh SWT.
Sholat mengajarkan kita tentang persamaan derajat setiap hamba dihadapan Alloh, membentuk kita memiliki kepribadian baik seperti tawadlu atau rendah hati dan menghilangkan kasta-kasta atau tingkatan derajat dikalangan manusia, semua sama sujud kepada Alloh SWT.
Dalam sholat juga kita dididik taat dan patuh kepada pemimpin. Sebagai contoh, bila imam sujud maka seluruh makmum mengikutinya, sebaliknya apabila imam melakukan kesalahan maka makmum yang harus mengingatkan (sesuai aturan fiqih). Maka dalam sholat akan terbentuk kesatuan yang kokoh dan persatuan yang solid.
Andai kita paham lebih jauh, sholat juga dapat menghilangkan stres pikiran dan gundah/galau dalam hati. Karena dengan sholat kita dapat mengingat Alloh SWT. dengan hati yang tunduk dan khusu’ akan membuat jiwa serta hati kita damai dan tenteram.
Firman Alloh SWT. dalam surat Ar-Ro’du : 28
ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ ٢٨
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.
Oleh karena itu, kita sebagai seorang muslim jangan pernah menyepelekan sholat apalagi sampai meninggalkannya. Karena sholat, terutama yang 5 waktu itu wajib hukumnya disamping itu pula membentuk kepribadian yang baik bagi seorang muslim juga mengundang kebekahan di kehidupan dunia terlebih lagi jika dilakukan ketika awal waktu dengan berjama’ah.

0 komentar: