Kaya dan sok kaya


BEDA GAYA
Di Indonesia, rumah masih ngontrak aja motornya ada 2, lengkap dg mesin cuci, kulkas, dispenser, dan TV plasma. Alasannya jelas, pengen dianggap berada.
Padahal org yg berada betulan, biasanya menggunakan uangnya utk investasi. Mengerem sementara keinginan membeli barang2 elektronik, agar duitnya bs dipakai utk beli rmh atau tanah yg kenaikan harga per tahunnya semakin menggila. Barang elektronik hanya akan jadi rongsokan.
Di Jepang, saat ini sedang ngetrend gaya hidup minimalis. Orang2 berlomba mengosongkan rmhnya dr segala perabotan. Hanya punya sdikit baju, kasur seadanya, laptop utk kerja, sudah, itu aja. Tidak sumpek, malah lapang, mood pun senang.
Di Jepang, punya mobil adalah kampungan. Hanya golongan petani yg tinggal di pedesaan yg punya mobil, itupun karena berfungsi utk mengangkut logistik pertanian. Sedangkan org kota lebih suka jalan kaki dan naik sepeda. Kalopun ada mobil, biasanya dibiarkan sampe berdebu di garasi.
Di Indonesia, mobil adalah simbol kekayaan. Cicilan rumah blm lunas, keburu kredit mobil. Padahal mobilitas jg blm tinggi, blm jadi org sibuk, cuma gara2 tetangga punya mobil terus ikutan dari pd keliatan miskin. Seneng amat nyenengin pihak bank. Semakin banyak utang, semakin banyak bunga yg dibayar, nggak sadar diperas bankir.
Punya perabotan banyak itu boleh selama rmh kita sndiri. Punya mobil jg boleh, selama pondasi ekonomi sudah kuat. Apa yg terlihat oleh mata hanyalah cover luar. Utk apa luarnya bagus dan mapan, tp yang didalam justru keropos
Copas dari fb Susi Susanti Susi

0 komentar: